Meskipun kini beras hitam bebas diperjualbelikan, namun di beberapa daerah beras ini masih dianggap sakral. Hanya orang-orang tertentu yang diperbolehkan mengkonsumsi beras jenis ini. Di Tana Toraja hanya tetua adat dan pada acara-acara tertentu saja yang boleh mengkonsumsi beras hitam. Di sekitar Cirebon mengkonsumsi beras hitam ini adalah pamali, kecuali untuk para bangsawan di kesultanan Cirebon. Demikian pula di Yogyakarta, hingga kini sultan dan abdi dalem masih mengkonsumsi beras hitam.
Tak hanya di Indonesia, jaman dahulu di Tiongkok beras hitam disebut forbidden rice atau beras terlarang. Hanya kaisar Tiongkok dan kalangan istana saja yang boleh mengkonsumsinya.

Lalu apa sebenarnya keistimewaan beras hitam ini sehingga menjadi makanan khusus para raja dan bangsawan?
Untuk alasan tersebut tidak ada yang bisa menjelaskan, namun ternyata secara ilmiah beras hitam memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia seperti:
1. Antioksidan yang kuat

Seperti halnya blackberry, raspberry dan duwet, beras hitam juga mengandung pigmen flavonoid yang disebut antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Menurut penelitian antosianin bermanfaat dalam pengiobatan penyakit kanker, diabetes, jantung hingga Alzheimer. Efek antosianin yang berlimpah dalam beras hitam juga membuat ekstrak beras hitam khasiatnya setara dengan obat simvastatin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
2. Kaya Zat Besi

Zat besi berguna untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel selama proses oksidasi. Zat ini pula lah yang berperan mengubah makanan menjadi energi.
3. Kaya Zinc

Mineral ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan dapat melindungi sel dari kerusakan.

4. Mengandung Vitamin B6

Seporsi beras hitam dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin B6 sebanyak 23% dari total kebutuhan harian.
5. Memiliki Karbohidrat Kompleks

Berbeda dengan beras putih yang memiliki karbohidrat sederhana, beras hitam memiliki karbohidrat kompleks sehingga angka glikemiknya rendah. Angka glikemik atau indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Karbohidrat kompleks ini akan membuat kita akan lebih cepat merasa kenyang jika mengkonsumsi beras hitam. Kandungan nutrisi dalam karbohidrat kompleks beras hitam adalah sebagai berikut: pati 75,5%, amilosa 22,9%, amilopektin 51,5%, betakaroten 804 mg/100rg, dan antosianin 393,9 ppm.
6. Rendah Kalori

Beras hitam memiliki kalori yang lebih kecil dari beras merah atau putih. beras hitam berkalori 351 kcal, beras merah 352 kcal, sedangkan beras putih 357 kcal.
7. Kaya Serat

Kandungan serat dalam beras hitam adalah 20,1 gram per 100 gram. Bandingkan dengan beras merah yang kandungan seratnya hanya 0,8 gr atau beras putih yang 0,2 gr.
Beras Hitam Organik adalah Beras Pamungkas dari semua jenis Beras. Beras Organik ini sering dipakai untuk terapi penyakit kronis (kanker, diabetes, Ginjal, penyakit jantung dan lain-lain).
“Awalnya untuk alternatif pengobatan bapak saya yang kena sakit ginjal. Waktu itu HB nya rendah, disaranin untuk minum air rebusan beras hitam, Alhamdulillah HB nya semakin bagus. Berasnya juga enak, menurut kami sekeluarga sih lebih enak dari Beras Merah. Terus sekarang teman-teman Bapak saya yang sama-sama sakit ginjal dan cuci darah banyak yang ikutan nyoba minum air rebusan beras hitamnya mbak. Karena Alhamdulillah dari beberapa pasien kondisi Bapak saya yang lebih baik” Putri Bapak Azwir – Yang sedang diuji dengan Sakit Ginjal

 

Manfaat Beras Hitam Organik :


Menurut Traditional Chinese Medicine, khasiat dari Beras Hitam Organik adalah sebagai berikut:
1. Terapi DIABETES
2. Bersifat Anti Peradangan dan ANTI KANKER / TUMOR.
3. Memperbaiki kerusakan hati dalam kasus HEPATITIS dan SIROSIS.
4. Membantu menormalkan kadar gula darah untuk kasus Diabetes,
    sehingga dapat dicampurkan dalam beras putih.
5. Menjaga dan menaikkan daya tahan tubuh.
6. Mencegah ANEMIA dan DEMAM BERDARAH yang mengakibatkan
    turunnya trombosit dalam darah.
7. Menyeimbangkan hormon dan menambah kesuburan.
8. Membersihkan dan memperbaiki pencernaan.
9. Membantu dalam DIET dan pelangsingan tubuh.

Hasil penelitian:

1.     Kandungan Anthocyanin-nya juga digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Anthocyanin membentuk kolagen baru dan pada saat yang sama juga meningkatkan efek vitamin E dan vitamin C untuk mengembalikan keremajaan kulit.
2.     Antosianin pada beras hitam terdiri dari cyanidin-3-glucoside (Cy-3-glu) dan Cyanidin. Jenis antosianin ini ditemukan memiliki kemampuan antioksidan yang kuat yang dapat melawan ROS (reactive oxygen species; sejenis radikal bebas) dan mengurangi kerusakan sel yang terpapar oleh sinar UV.( JOURNAL OF HEALTH SCIENCE Vol. 52 (2006) , No. 5 495-511)
3.     Hasil penelitian Jung Yun Kim, Min Hee Do, Sang Sun Lee menunjukkan bahwa beras hitam memiliki efek cardioprotektif (melindungi jantung dan pembuluh darah dari berbagai penyakit). (Annals of Nutrition and Metabolism 2006;50:347-353).

Cara Memasak Beras Hitam Organik yang enak


Cara Memasak Beras Hitam agak sedikit berbeda dengan beras lainnya. Beras Hitam dimasak sampai dua kali, berbeda dengan Beras Merah Organik Eka Farm yang pulen dan tidak perlu direndam. Beras Hitam ini dimasak bisa dengan rice cooker. Caranya setelah matang, diberi separuh air lagi dari sebelumnya kemudian dimasak lagi. Jika masih kurang jelas, silahkan langsung konsultasi kepada kami.


Setelah dimasak dua kali, Beras hitam menjadi beraroma khas beras dan rasanya lebih enak. Selain itu khasiat serta anti-oksidannya sangat tinggi. Disamping itu juga sangat bagus untuk mengencangkan kulit wajah.



2 komentar Blogger 2 Facebook

Unknown mengatakan... 2 Desember 2017 pukul 05.42


PT. BASMAA KURNIA UTAMA

Jual :
1. Dolomite
2. CaCo3 Powder
3. Qiuck Lime/Kapur Tohor CaO
4. Hydrated Lime Ca(OH)2

Hubungi :
‭+62 822 11855757‬, 085329475858

Unknown mengatakan... 7 April 2021 pukul 18.12

Kami menjual beras hitam pulen varietas Ciherang hitam (tidak pera, tidak bau tengik, tahan 24 jam setelah masak) berkwalitas tinggi dan ditanam secara organik, jika ada yg berminat silahkan hubungi email kami atau wa 081388865594

 
SAUNGTANI © 2019.Alamat. Sekretariat Saungtani indramayu. Jln.Irigasi Desa Malangsari Kec.Bangodua Kab.Indramayu Jawa Barat admin
Top